ornament-1a

Ahlak

Akhlak dalam bahasa Arab adalah jamak atau plural dari Khulq dimana secara harfiah bermakna Karakter. Karakter di sini umumnya tidak termasuk dalam katagori karakter. Tetapi secara global Khulq ini dapat diartikan sebagai karakter. Dan dalam istilah kepemilikan jiwa seseorang terhadap sifat-sifat tertentu dimana kepemilikan karakter yang telah menjadi karakter dilahirkan atau memanifestasikan dari jiwa manusia muncul dari karakter seperti itu, perbuatan-perbuatan itu dengan mudah. Yang menjadi kriteria Khulq adalah penerbitan tindakan yang mudah tanpa berfikir dan tanpa terbebani disebut Khulq. Jadi Khulq adalah sifat yang darinya muncul suatu perbuatan dengan mudah tanpa melalui pikiran atau tanpa merasa terbebani.

﷽ Mengapa manusia selalu mengulangi perbuatan yang salah dan bagaimana cara mengatasinya? Apa ada amalan-amalan untuk mengatasinya? Silahkan ikuti penjelasan dan tanggapan ustadz SA terkait dengan makna dan maksud dari hadits  di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Apakah benar bahwa sangat berbahaya sekali bila kita berdoa minta umur panjang? Silahkan ikuti penjelasan dan tanggapan ustadz SA terkait dengan makna dan maksud dari hadits  di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Apakah sikap ramah tamah itu dibutuhkan oleh seorang perempuan? Seperti apa batasan keramah-tamahan perempuan yang berinteraksi dengan laki-laki asing yang non muhrim? Silahkan ikuti penjelasan dan tanggapan ustadz SA terkait dengan pertanyaan-pertanyaan  di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Ujian dan Cobaan sebenarnya memiliki tujuan yang satu. Kalau ujian untuk kenaikan derajat seseorang, tapi kalau bencana untuk mengurangi dosa dan mengingatinya. Dan dua hal ini, walaupun wajahnya berbeda, akan tetapi semuanya memiliki satu tujuan. Yaitu mendekatkan manusia pada Tuhannya. …

﷽ Ustadz saya dulu penganut Sunni, sering/hampir selalu shalat berjamaah. Semenjak saya hijrah ke AB, saya tidak lagi shalat berjamaah di masjid, di komplek saya perbedaan mazhab sebagai barang yang tabu. Oleh karena saya tidak ke masjid lagi, tetangga banyak yang bertanya tentang saya ke orang tua. Dan banyak yang …

error: Copyright © 2020, Sinar Agama - Mulla Shadra Hasan Abu Ammar ra