ornament-1a

Ahlak

Akhlak dalam bahasa Arab adalah jamak atau plural dari Khulq dimana secara harfiah bermakna Karakter. Karakter di sini umumnya tidak termasuk dalam katagori karakter. Tetapi secara global Khulq ini dapat diartikan sebagai karakter. Dan dalam istilah kepemilikan jiwa seseorang terhadap sifat-sifat tertentu dimana kepemilikan karakter yang telah menjadi karakter dilahirkan atau memanifestasikan dari jiwa manusia muncul dari karakter seperti itu, perbuatan-perbuatan itu dengan mudah. Yang menjadi kriteria Khulq adalah penerbitan tindakan yang mudah tanpa berfikir dan tanpa terbebani disebut Khulq. Jadi Khulq adalah sifat yang darinya muncul suatu perbuatan dengan mudah tanpa melalui pikiran atau tanpa merasa terbebani.

﷽ Apakah benar ada cobaanatau ujian bagi makhluk atau ciptaanNya di lua batas kemampuan makhluk/ciptaanNya? Dan apakah benar tentang larangan atau diharamkannya melakukan sholat di waktu ba’da shubuh? Silahkan ikuti penjelasan alm ust SA terkait dengan pertanyaan-pertanyaan di atas di dalam PDF berikut?

﷽ Syukur itu ada berbagai macam, bisa lisan seperti alhamdulillah, bisa ibadah, seperti shalat atau sujud dan seterusya. Tetapi  bisa juga berupa amalan-amalan sosial seperti kurban, sedekah, infak … dan seterusnya….

﷽ Ketika kita sudah melakukan habluminallah dan habluminannas dengan baik, mungkin tidak, kita bisa merugikn orang lain? Silahkan ikuti penjelasan alm ust SA terkait dengan pertanyaan di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Manakah sebenarnya yang lebih tepat di antara dua pernyataan ini: ”Manusia yang melayani agama” ataukah ”Agama yang melayani manusia”? (Saya pernah membaca tulisan Ustadz Hasan Abu Ammar yang menyatakan bahwa bahkan sebenarnya pada hakikinya, bukanlah manusia yang menjadi pelayan Tuhan, melainkan Tuhanlah yang melayani manusia. Yakni Tuhan yang memberi …

﷽ Dikatakan bahwa Shalat Makrifat itu harus mencapai La illaha ilallah kemudian La haula wala qu wata’illa billah dan la huwwa ila huwwa. Pertanyaanya apa yang dimaksud dengaa pernyataan ini? Silahkan ikuti penjelasan alm ust SA terkait dengan pertanyaan di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Salah satu dari hilkmah amalan haji dan Umroh adalah meresapi dan berusaha merasakan, apa-apa yang telah dilakukan oleh nabi Ibrahim as dengan melempar jumrah dan siti Hajar as yang lari ke sana ke mari. Tentu dengan melihat hakikat Syaithan (jin dan manusia) dan memeranginya dengan nyata, dan melihat keimanan …

﷽ Apakah maksud dan penjabaran dari hadits “pancinglah rejeki dengan shodaqoh”, lalu bagaimana dengan kaidah “Materi dibagi akan berkurang”? Silahkan ikuti penjelasan alm ust SA terkait dengan pertanyaan Di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Bagaimana menyembuhkan bangsa ini, penyakitnya sudah kronis, sampe ke tulang-tulangnya, ulama yang sering muncul ulama nge-pop, ulama amplop (di sini ada seseorang yang ngaku ulama, ia berkata waduh enak yang bulan Ramadhan, rezeki saya lancar, diundang ke sana ke mari, tapi lucunya ia masih dipake saja oleh jamaah, atau …

﷽ Apakah ada syar’ii yang mengatur tentang pemberian nama anak yang baru lahir? Silahkan ikuti penjelasan alm ust SA terkait dengan pertanyaan di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Sebegitu pentingnya masalah akhlak, yang menjadi pertanyaan adalah ”Apa yang dimaksud dengan akhlak? Silahkan simak penjelasan alm ust SA terkait dengan pertanyaan di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Apakah yang mampu mengukuhkan agama dan juga yang mampu menghancurkan agama? Apakah yang sebenarnya diwajibkan untuk ditutupi serta yang tidak wajib untuk ditutupi? Silahkan simak penjelasan alm ust SA terkait dengan pertanyaan-pertanyaan di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Manakah jalan yang paling ampuh dalam beragama: a. Iman/Keyakinan ushuluddin -> Akhlak/sikap spontan -> Fiqih/pengabdian. b. Iman/Keyakinan ushuluddin -> Fiqih/pengabdian -> Akhlak/sikap spontan Silahkan ikuti penjelasan alm ust SA terkait dengan pertanyaan di atas di dalam PDF berikut:

error: Copyright © 2020, Sinar Agama - Mulla Shadra Hasan Abu Ammar ra