ornament-1a

Ahlak

Akhlak dalam bahasa Arab adalah jamak atau plural dari Khulq dimana secara harfiah bermakna Karakter. Karakter di sini umumnya tidak termasuk dalam katagori karakter. Tetapi secara global Khulq ini dapat diartikan sebagai karakter. Dan dalam istilah kepemilikan jiwa seseorang terhadap sifat-sifat tertentu dimana kepemilikan karakter yang telah menjadi karakter dilahirkan atau memanifestasikan dari jiwa manusia muncul dari karakter seperti itu, perbuatan-perbuatan itu dengan mudah. Yang menjadi kriteria Khulq adalah penerbitan tindakan yang mudah tanpa berfikir dan tanpa terbebani disebut Khulq. Jadi Khulq adalah sifat yang darinya muncul suatu perbuatan dengan mudah tanpa melalui pikiran atau tanpa merasa terbebani.

﷽ Antara orang yang merindukan dan yang dirindukan harus memiliki pensenyawaan dan cinta juga demikian tidak boleh hanya perasaan melainkan harus akli dan filosofis …  

﷽ Jika mengingat hukum Islam (hukum Qishas), apakah untuk mendapatkan pengampunanNya seseorang harus diqishas terlebih dahulu? Silahkan ikuti penjelasan dan tanggapan ustadz SA terkait dengan pertanyaan-pertanyaan  di atas di dalam PDF berikut:  

﷽ Bagaimana hukumnya: 1)  Mengunakapkan sebuah kekecewaan. 2)  Memberikan penilaian kepada yang lebih atas diri kita misalnya: atasan, guru, orang tua dan lain-lain. Apakah ini tidak menjadi penghalang terkabulnya doa? Silahkan ikuti penjelasan dan tanggapan ustadz SA terkait dengan pertanyaan-pertanyaan  di atas di dalam PDF berikut:  

﷽ 1 – Bagaimanakah hukum fikih dan etika akhlak dalam berdakwah 2 – Apakah ia termasuk dalam ’amr ma’ruf nahyi munkar ataukah ada bab tersendiri 3.  Benarkah tugas seorang ulama bukan untuk mengusik keyakinan yang sudah terlanjur diyakini orang lain selama orang tersebut tidak menanyakan langsung kepada dirinya 4.  Yakni …

﷽ Apakah jalanan / jalan raya itu memiliki hak? Lalu bagaimana hukumnya nongkrong di pinggir jalan … atau menutup jalan untuk pernikahan atau pengajian? Silahkan ikuti penjelasan dan tanggapan ustadz SA terkait dengan pertanyaan-pertanyaan  di atas di dalam PDF berikut:  

error: Copyright © 2020, Sinar Agama - Mulla Shadra Hasan Abu Ammar ra