ornament-1a

Ahlak

Akhlak dalam bahasa Arab adalah jamak atau plural dari Khulq dimana secara harfiah bermakna Karakter. Karakter di sini umumnya tidak termasuk dalam katagori karakter. Tetapi secara global Khulq ini dapat diartikan sebagai karakter. Dan dalam istilah kepemilikan jiwa seseorang terhadap sifat-sifat tertentu dimana kepemilikan karakter yang telah menjadi karakter dilahirkan atau memanifestasikan dari jiwa manusia muncul dari karakter seperti itu, perbuatan-perbuatan itu dengan mudah. Yang menjadi kriteria Khulq adalah penerbitan tindakan yang mudah tanpa berfikir dan tanpa terbebani disebut Khulq. Jadi Khulq adalah sifat yang darinya muncul suatu perbuatan dengan mudah tanpa melalui pikiran atau tanpa merasa terbebani.

﷽ Saya mengingatkan diri saya sendiri dan semua teman-teman Syi’ah lainnya, baik yang rada liberal atau tergolong pesantrenan, agar:  “Hendaknya jangan memberikan ultimatum atau pedoman hidup apapun tentang kewajiban agama atau anjurannya yang tidak wajib sekalipun atau larangannya, dari kantong sendiri (ide atau ayat-riwayat). Tapi ambillah dari fatwa marja’-nya.” ….

﷽ Islam bukanlah alat menyulam untuk menambal, melainkan alat untuk mendasari perubahan manusia, baik pribadi, keluarga, sosial dan politik. Karena itu, cara satu-satunya adalah kembali kepada Islam secara utuh/kaafah dengan kesadaran dan tanpa paksa sedikitpun….

﷽ Apakah benar ada fatwa yang menyatakan seorang ibu bisa meminta upah dari suami untuk menyusui anak? Silahkan buka PDFnya untuk menyimak penjabaran ustadz SA terkait dengan pertanyaan di atas:

﷽ Kalau dulu para sahabat bebas melihat, mengenali, mengingat wajah mulia Rasulullah saww, kenapa zaman sekarang tidak boleh? Misalnya dengan gambar yang berdasarkan keterangan tentang bagaimana rupa beliau saww? Atau mungkin gambar yang berdasarkan keterangan mimpi orang-orang yang pernah bertemu dalam mimpi? Silahkan simak tanggapan ustadz SA terkait dengan pertanyaan …

﷽ Teman ana ϑi tingal sama ibunya dari usia 5 tahun,,, teman ana tersebut pengen berjumpa dengan ibunya,,, αϑα yang bilang ibunya tersebut waktu ninggalin anaknya pergi ke Jakarta, sampai sekarang usia anak sudah 35 tahun, adakah do’a untuk supaya ibunya kembali lagi bersama anak-anaknya? Silahkan simak Jawaban ustadz SA …

error: Copyright © 2020, Sinar Agama - Mulla Shadra Hasan Abu Ammar ra