ornament-1a

Kalam

Kalam secarah harfiah bermakna kata-kata dan ucapan. Kalamullah yaitu ucapan atau firman Tuhan. Dan Ilmu Kalam adalah ilmu yang membahas, menerangkan, membela dan membuktikan Keyakinan dan akidah Islam berdasarkan dalil-dalil Naqli yaitu Quran dan Hadits. Ilmu kalam bergradasi, ada yang ekstrim yaitu menolak akal dalam pembuktiannya dengan alasan Tuhan lebih tahu tentang diriNya. Tetapi ada pula yang mengikut sertakan akal dalam dalil-dalilnya. Tetapi prioritas utamanya adalah dalil-dalil dari nash. Cendekiawan dan ulama ilmu kalam disebut dengan Mutakallim dan jamak/pluralnya adalah Mutakallimin. Tentaang sejarah mengapa disebut ilmu Kalam, dalam hal ini banyak pandangan yang kontrofersial dan berbeda. Salah satunya dan yang terbesar adalah pada sekitar pertengahan kedua abat pertama Hijriah terdapat perbedaan pandangan terkait dengan Kalamullah (firman Allah). Ada yang meyakini bahwa Kalamullah adalah Qodim (Dahulu) sifat Qodim yaitu yang tidak berawal, yaitu tidak didahului oleh ketiadaan konsekwensinya adalah Kalamullah merupakan esensi Tuhan dan merupakan sifat Zat. Tetapi ada yang mengatakan Kalamullah adalah Haadits (huduts) yang baru yaitu didahului oleh ketiadaan dan diadakan atau dicipta.

﷽ Nabi saww dan para makshumin as sendiri menjelaskan bahwa maksud dari 12 imam dari keturunan Nabi saww yang tertera di berbagai hadits itu, mesti dimaknai dengan hadist-hadist lain yang menjelaskan, yaitu yang dimulai dari imam Ali as dan ditutup dengan imam ke dua belas, yaitu imam Mahdi as…..

﷽ Kalau kita sudah bisa menghindari dosa, maka untuk ukuran orang Indonesia yang keadaannya kita ketahui sendiri, sudah akan terkatrol ke maqam di atasnya itu di Mata Allah, in’syaa Allah. Artinya, walaupun mungkin tidak bisa dikatakan pesuluk, tapi mungkin sudah bisa jadi murid pesuluk. Kalau sudah meninggalkan makruh, maka sekalipun …

﷽ Di akhir surah kahfi Tuhan berfirman: ‘barangsiapa yang ingin berjumpa dengan Tuhannya’…. Tafsirnya apa? Dan apakah ada hubungannya dengan Taqwa? Apakah efek dari taqwa di dunia? Silahkan simak penjelasan ustad SA terkait dengan pertanyaan-pertanyaan di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Benarkah dalam Islam Jika seseorang mempertanyakan tentang Tuhan sama halnya mengejekNya? Silahkan simak tanggapan dan penjelasan untadz SA terkait dengan pertanyaan di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Apakah setiap kesamaan di dalam Islam dengan agama lain, lantas disamakan dengan agama tersebut dan dihukumi kafir?! Kalau begitu jangan shalat dan berdoa, karena kafirin juga shalat dan berdoa. Jangan puasa, karena kafirin juga berpuasa. Jangan makan dan berpakaian karena mereka juga seperti itu. Jangan menolong orang karena mereka …

error: Copyright © 2020, Sinar Agama - Mulla Shadra Hasan Abu Ammar ra