ornament-1a

Fiqih

Fiqih atau Ahkam dalam Bahasa Arab adalah plural atau jamaknya “Hukum”  yang bermakna “Perintah” dalam istilah adalah: Sekumpulan aturan-aturan dan perintah-perintah yang berasal dari Tuhan yang maha Tinggi untuk kesejahteraan dan kebahagiaan hidup manusia dalam segala sisinya. Dan karena perintah menyebabkan seseorang tercegah dari perbuatan yang salah, maka perintah tersebut disebut “Hukum”. Dengan penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum Tuhan dan aturan-aturan langit. Sehingga dia mampu menempuh jalan kemanusiaan yang benar di bawah naunganNya dan memperoleh kebahagiaannya.

﷽ Apakah baju yang ternajisi oleh lantai yang najis, yang sebelumnya lantai tersebut telah dibersihkan tetapi tidak secara fiqih, bisa menularkan lagi najisnya? Silahkan simak jawaban dan penjelasan ust SA terkait dengan pertanyaan di atas di dalam PDF berikut:

﷽ Kalau bajunya najis dan dicuci dengan mesin otomatis, dapat dipastikan tidak suci. Tapi kalau dengan yang manual, maka tetap bisa dengan dua cara. Pertama disucikan dulu najisnya di luar mesin cuci manual itu lalu dicuci seperti biasanya, mencuci kotornya baju suci dari najis dengan baju-baju lainnya dengan mesin cuci …

﷽ Di dalam fatwa dikatakan mengulang surat yang sama dalam satu sholat adalah makruh kecuali al-Ikhlash, apakah ada penjelasan tambahan? Silahkan simak Penjelasan ustadz SA terkait dengan pertanyaan di atas di dalam PDF berikut:  

﷽ Cinta tidak wajib sama dan adil. Karena di samping mustahil, juga tidak diwajibkan agama. Mustahilnya, bisa dari sisi obyek bisa dari sisi subyek. Yang lebih mirip dengan sifat-sifat subyek dari obyeknya/istrinya, maka secara natural akan lebih terasa nyaman. Itu kalau kita lihat sebagai kecenderungan natural…..

﷽ Fikih yang juga disebut syariat, sudah lengkap diturunkan Tuhan untuk menata kehidupan apapun dari manusia ini, baik dalam kesendiriannya, keluarga, sosial-politik, internasional atau bahkan sampai pada hubungan manusia dengan binatang, bebatuan, pepohonan, jin, malaikat, dan bahkan dunia akhirat dan Tuhannya. Tidak ada yang bisa meremehkan fikih lalu dia tetap …

error: Copyright © 2020, Sinar Agama - Mulla Shadra Hasan Abu Ammar ra