ornament-1a

Fiqih

Fiqih atau Ahkam dalam Bahasa Arab adalah plural atau jamaknya “Hukum”  yang bermakna “Perintah” dalam istilah adalah: Sekumpulan aturan-aturan dan perintah-perintah yang berasal dari Tuhan yang maha Tinggi untuk kesejahteraan dan kebahagiaan hidup manusia dalam segala sisinya. Dan karena perintah menyebabkan seseorang tercegah dari perbuatan yang salah, maka perintah tersebut disebut “Hukum”. Dengan penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum Tuhan dan aturan-aturan langit. Sehingga dia mampu menempuh jalan kemanusiaan yang benar di bawah naunganNya dan memperoleh kebahagiaannya.

﷽ Jika mengingat hukum Islam (hukum Qishas), apakah untuk mendapatkan pengampunanNya seseorang harus diqishas terlebih dahulu? Silahkan ikuti penjelasan dan tanggapan ustadz SA terkait dengan pertanyaan-pertanyaan  di atas di dalam PDF berikut:  

﷽ Memahami hadits tidak boleh menyandarkannya hanya pada hadits tersebut. Jadi, harus dikomperasikan dan dihubungkan dengan Hadits-Hadits yang lain dan bahkan ayat-ayat Qur’an….

Musik

﷽ Musik dalam Islam adalah suara mulut yang muthrib, yakni suara yang dinadakan dengan nada-nada tertentu hingga memiliki sifat bisa menghanyutkan/muthrib (walau orang tertentu tidak hanyut)….

﷽ Bagaimana hukumnya: 1)  Mengunakapkan sebuah kekecewaan. 2)  Memberikan penilaian kepada yang lebih atas diri kita misalnya: atasan, guru, orang tua dan lain-lain. Apakah ini tidak menjadi penghalang terkabulnya doa? Silahkan ikuti penjelasan dan tanggapan ustadz SA terkait dengan pertanyaan-pertanyaan  di atas di dalam PDF berikut:  

﷽ 1 – Bagaimanakah hukumnya membaca ‘hati’ orang lain? 2 –  Kalau ‘mengetahui’ bahwa si fulan atau fulanah akan meninggal dalam waktu dekat, bolehkah memberi tahu pihak keluarga si calon mayit untuk ‘mengikhlaskannya’? 3 –  Kalau ‘mengetahui’ bahwa kemungkinan ajal menjemput diri sendiri pada tanggal sekian, bulan sekian, dan tahun …

error: Copyright © 2020, Sinar Agama - Mulla Shadra Hasan Abu Ammar ra